Mengasah Paku Jadi Jarum

27Apr08

Putu Wijaya, Mengasah Paku Jadi Jarum
Kompas, Minggu, 27/4/2008 | 23:57 WIB

Tahukah Anda, bagaimana proses yang dijalani Putu Wijaya hingga menjadi teaterawan, sutradara teater dan film dan penulis hebat seperti sekarang ini?

Katanya, dia terinspirasi oleh sebuah cerita China yang dibacanya semasa duduk di bangku SMP. Buku itu berkisah tentang percakapan antara seorang pemuda dan seorang tua yang mengasah paku menjadi jarum.

Alkisah, pada suatu hari pemuda yang sekolah di kedokteran itu bertemu dengan Pak Tua yang sedang mengasah paku. “Aku sedang mengasah paku menjadi jarum,” kata Pak Tua menjawab pertanyaan Si Pemuda, seperti ditirukan pimpinan Teater Mandiri itu dalam acara Dialog Budaya di Universitas Tidar Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (26/4).

“Semenjak itulah, sang pemuda belajar giat, segiat Pak Tua yang mengasah paku menjadi jarum. Beberapa tahun kemudian, pemuda itupun menjadi dokter,” urai Putu yang menyampaikan materi dialognya dengan cara monolog.

Sebagai ungkapan terimakasih, dokter muda itu pun membawa segepok uang untuk Pak Tua yang menurutnya telah turut andil menyokong semangat belajarnya hingga ia mencapai gelar dokter.

Alangkah kagetnya si pemuda tatkala Pak Tua tidak merasa pernah menyemangati si pemuda dengan falsafah “mengasah paku menjadi jarum.” Dahsyatnya lagi, ternyata Pak Tua juga tak mau menerima uang dari si pemuda,” sambung Putu.

Nah, menurut Putu, guru yang baik adalah guru yang tidak menyadari bahwa dirinya adalah guru. “Guru semacam inilah yang dibutuhkan Republik ini,” ujar Putu Wijaya, menutup pembicaraannya.



No Responses Yet to “Mengasah Paku Jadi Jarum”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: